GAUNG NTB

Minim Kesadaran Masyarakat Bima Untuk BerZakat

Bima, Gaung NTB
Dalam bulan ramadhan diketahui masyarakat dikabupaten bima pada umumnya diketahui kurang memiliki kesadaran dalam berzakat, kalau dibandingkan dengan daerah lain seperti Kabupaten dilombok, Kabupaten Sumbawa serta daeral lain yang ada dipripinsi NTB. Tetapi untuk dibima sendiri sangat minim kesadaran masyarakat bima untuk berjakat.
Dari total warga negara kabupaten bima sejumlah 450 jiwa dan dikurangi fakir miskin 10 ribu jiwa. Jelas Ketua Bazis Kabupaten Bima, Drs. Anwar H. Muhammad saat ditemui dikantornya Selasa (2/10) kemarin diruang kerjanya. Lanjutnya,s edangkan untuk pengumpulan zakat perorangan bisa mencapai 4 miliar sementara yang terkumpul pada tahun 2007 ini mencapai 1,3 M.
Ini seharusnya mencapai angka 4 M tapi justru menurun kalau kita hitung sesuai total pengeluaran zakat, “ini disebabkan wajib jakat banyak menyerahkan pada guru ngaji, mesjid, dan sekolah”. Kalau saja jakat itu diserahkan pada kantor bazda, tentu saja tidak menurun terkait angka zakat dan infak dikabupaten bima ini. Katanya.
Karena fungsi jakat itu adalah untuk orang-orang yang tergolong miskin dikabupaten bima ini, sebab zakat hanya dikhususkan bagi delapan kriteria yakni fakir miskin, duafa, mualllaf, dan lain-lain. Tapi kalau zakat tersebut dialokasikan bagi pembangunan mesjid, itu tidak boleh. Tegasnya. (Gbe)

Oktober 30, 2007 - Posted by | bima

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: